OUTDOOR PARTY? SIAPA TAKUT?

 
 

 

Birunya laut lepas menenangkan hati, seraya mata tertaut saat mengucap janji setia. Romantisnya matahari tenggelam menjadi latar belakang resepsi perkawinan Anda berdua. Memandang cakrawala yang tak berbatas sebagai altar selayaknya menatap hidup baru yang akan dijalani bersama pasangan.Sah saja bila menjadi orang yang memimpikan suasana pesta pernikahan seperti yang saya gambarkan di atas. Bukan tidak mungkin Anda yang berada di sana, entah sekadar menghadiri pesta pernikahan atau malah yang mengadakan pesta indah tersebut.

Bagi mereka yang mendambakan pesta perkawinan di ruang terbuka, yang biasa kita kenal dengan outdoor atau garden party kini tak lagi perlu khawatir. Sudah banyak tersedia tempat – tempat yang disewakan, seperti pekarangan rumah, kebun bunga atau hotel yang menyediakan halaman mereka sehingga dapat disulap menjadi tempat sakral yang menawan untuk mempelai melangkah ke pelaminan.

Jadi, siapkah diri untuk mengadakan pesta di luar ruang? Masih bingung apa yang harus dipersiapkan? Kami berikan beberapa tips yang bisa digunakan agar pesta pernikahan luar ruangan menjadi sakral, berkesan dan romantis.

Kenyamanan Tamu
Pikirkan dulu, cuaca seperti apa yang akan dihadapi pada saat menggelar pesta pernikahan di luar ruangan. Panas atau hujan tidak masalah, namun jangan sampai tamu yang hadir kecewa dengan keputusan Anda berpesta di luar ruang. Agar pesta berkesan bagi para tamu yang hadir, sesuaikan menu yang akan dihidangkan dengan cuaca yang ada.

Selanjutnya agar tamu tidak merasa dijebak, selain menyelipkan alamat tempat pesta, di dalam undangan, informasikan juga pada mereka agar memakai pakaian yang dianjurkan, agar para tamu nyaman selama berlangsungnya pesta. Jika tempat yang Anda pilih ialah pantai atau tempat hangat contohnya, jangan lupa untuk minta penyedia tempat untuk melengkapi fasilitas AC mengantisipasi keadaan cuaca yang tak terduga.

Plan B
Walaupun temanya outdoor, bukan berarti lokasi indoor dilupakan. Banyak juga mempelai yang mengadakan upacara di luar dan resepsinya di dalam ruang. Namun bila menginginkan keduanya dilakukan di luar ruang, pilihan yang bisa dilakukan ialah dengan menyediakan tenda dengan pasak yang kuat. Ini pun untuk menanggulangi bila datangnya hujan dan angin besar sehingga para tamu tidak panik mereka akan kehujanan ataupun khawatir akan becek- becekan mengingat hujan yang akan membasahkan seluruh permukaan lapangan.

Sound System
Mungkin bertanya – tanya kenapa sound system menjadi hal yang sangat diperlukan dalam acara pesta. Bila telah membayangkan keindahan tebing di bibir pantai untuk pesta sakral Anda, bayangkan juga betapa riuhnya suara debur ombak dan anak – anak yang berlarian beserta teriakan mereka, hal yang dirasa sepele ini dapat mengganggu jalannya acara. Jadi, pastikan sound system siap sedia, pilih peralatan yang efisien dan efektif, mengingat ini akan dipakai di luar ruang. Gunakan clip-mic agar tidak merepotkan, diskusikan dengan band pengiring atau jasa peminjaman sound system, mereka akan mudah mengatur penyediaan peralatan tersebut.

Dekorasi
Salah satu hal terbaik yang bisa mempelai dapatkan dalam memilih luar ruang sebagai tempat pernikahan ialah dekorasi indah yang menawan di sekitar Anda. Dengan begitu mempelai bisa meminimalisasi bujet untuk dekorasi, yang sangat dibutuhkan bila Anda melakukannya di dalam ruang. Namun bukan lantas tidak peduli dengan sekitar. Calon mempelai tetap harus datang seminggu sebelum pesta dilaksanakan, pastikan semua sesuai rencana; cek kebun yang akan dipakai, tandai bila melihat ada cekungan kecil di tanah yang dapat menyulitkan tamu jika berjalan, tanyakan kapan bunga yang ada di sekitar venue bermekaran, jadi Anda tahu bunga apa yang bisa dipakai, ditambah atau dikurangi. Siapkan pula aksesoris seperti lampu gantung atau obor kecil sebagai penerangan saat fajar tenggelam.

Mengurangi Serangga
Sediakan lilin dengan wewangian lavender ataupun serai di sekeliling tempat berlangsungnya acara, dengan adanya wewangian ini diharapkan serangga akan menjauh selama pesta berlangsung tanpa menimbulkan “korban” sehingga tamu yang hadir pun merasa nyaman.

Ijin
Hal yang paling pertama dari semua hal diatas ialah perijinan, tanpanya semua yang telah direncanakan tak akan bisa terlaksana dengan lancar. Contohnya saja jika ingin menyelenggarakan pesta di taman kota, setidaknya mempelai harus mempunyai ijin dari pengelola taman kota setempat untuk menggelar pesta pernikahan. Agar kebersihan selama dan sesudah pesta terjaga, maka tanyakan dimana dapat membuang sisa makanan dan asesoris pesta. Ini dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Teks: Novi Rahayu, Foto: Ricky & CO

source : weddingku.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: